Jumat, 18 Desember 2009

Macam-macam dan manfaat jamur

Jamur adalah makhluk hidup Eukariota bersel 1/ multi seluler yang bersifat heterotrof dengan cara menyerap zat organic dari lingkungan.
Jamur adalah makanan yang banyak digemari oleh hampir setiap orang. Jamur banyaklah macam dan ragam serta namanya, ada jamur merang,dan jamur kuping dan lain sebagainya.
Terdapat ribuan spesies Jamur di dunia ini. Ada Jamur yang merugikan dan menguntungkan bagi manusia. Jamur yang menguntungkan bagi manusia adalah Jamur yang mempunyai banyak manfaat.

Macam-macam jamur yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

- Jamur kuping
Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk,ketebalan dan warnanya. Kandungan nutrisi dalam jamur kuping terdiri atas AIR(89,1), protein (4,2)lemak (8,2) karbohidrat total(82,8) serat (19,8) abu(4,7) dan nilai energi 351. jamu kuping yang bertubuh kecil sering disebut jamur kuping tikus.
- Jamur kancing
Jamur kancing (Agaricus bisporus), jamur kompos atau champignon adalah jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Jamur kancing merupakan jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia.Jamur kancing dipanen sewaktu masih berdiameter 2-4 cm. Tubuh buah dewasa dengan payung yang sudah mekar mempunyai diameter sampai 20 cm.
- Jamur tiram
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) atau jamur tiram putih adalah jamur pangan dengan tudung berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii atau King Oyster Mushroom.
- JAmur merang
JAmur merang (Volvariella volvacea, sinonim: Volvaria volvacea, Agaricus volvaceus, Amanita virgata atau Vaginata virgata) atau kulat jeramoe dalam bahasa Aceh adalah salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Pada tubuh buah jamur merang dewasa, tudung berkembang seperti cawan berwarna coklat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda. Jamur merang yang dijual untuk keperluan konsumsi adalah tubuh buah yang masih muda yang tudungnya belum berkembang.

Manfaat-manfaat jamur dala kehidupan sehari-hari

Manfaat jamur kuping

Jamur kuping dapat mengobati panas dan mengurangi rasa sakit pada kulit akibat luka bakar. Jika jamur kuping direbus atau dipanaskan,maka akan menghasilkan lendir yang sangat berhasiat untuk penangkal racun, baik dalam bentuk racun nabati ,residu pestisida, sampai keracun logam berat. Di china hampir semua masakan dicampur dengan jamur kuping untuk menetralisir racun.
Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping itu epektip untuk menghambat pertumbuhan CARCINOMA DAN SARCOMA (KANKER) sampai 80-90%. Jamur ini juga berpungsi menghambat penggumpalan darah, diantaranya adalah penyakit darah tinggi atau pembuluh darah mengeras yang diakibatkan oleh penggumpalan darah.

Manfaat jamur kancing

Jamur kancing dijual dalam bentuk segar atau kalengan, biasanya digunakan dalam berbagai masakan Barat seperti omelet, pizza, kaserol, gratin, dan selada. Jamur kancing memiliki aroma unik, sebagian orang ada yang menyebutnya sedikit manis atau seperti "daging".
Jamur kancing segar bebas lemak, bebas sodium, serta kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan potasium. Jamur kancing juga rendah kalori, 5 buah jamur ukuran sedang sama dengan 20 kalori.
Jamur kancing dimasak utuh atau dipotong-potong lebih dulu. Jamur kancing cepat berubah warna menjadi kecoklatan dan hilang aromanya setelah dipotong dan dibiarkan di udara terbuka. Jamur kancing segar sebaiknya cepat dimasak selagi masih belum berubah warna.

Manfaat jamur tiram

Jamur Tiram Putih berguna sebagai pencegah hipertensi, mencegah kanker dan mengandung lovastatin (penurun kolesterol). Para ahli di luar negeri telah berhasil mengekstrak Jamur Tiram Putih untuk mengambil senyawa aktif lovastatin.
Jamur lingzhi dipercaya dapat meningkatkan proses metabolisme & menunda penuaan dini. Dari hasil riset peneliti Jepang, terbukti bahwa ganoderma mengandung 800 – 2000 ppm germanium organik, dimana 4 – 6 kali lebih kuat dari ginseng, selain itu Ganoderma Lucidum juga mengandung polisakarida yang bisa memperkuat system imun. Orang-orang Jepang dan Cina telah membuktikan hal ini, mereka telah mengkonsumsi Jamur ribuan tahun yang lampau.
Jamur Kuping sebagai anti kolesterol dan menetralkan senyawa toksik. Orang-orang Inggris percaya bahwa Jamur Kuping dapat menyembuhkan sakit tenggorokan .
Jamur Merang berguna sebagai pencegah anemia/kurang darah, kanker dan darah tinggi.
Jamur Shiitake berguna sebagai penghambat pertumbuhan tumor dan kanker sampai 72-92%.

Manfaat jamur merang

Budidaya jamur ini tidak sulit. Panen dilakukan terhadap tubuh buah yang belum sepenuhnya berkembang (masih kuncup), meskipun tubuh buah yang telah membuka payungnya pun masih bisa dikonsumsi walaupun harnga jualnya menurun.
Jamur merang mempunyai rasa enak, gurih, dan tidak mudah berubah wujudnya jika dimasak, sehingga digunakan untuk berbagai macam masakan, seperti mi ayam jamur, tumis jamur, pepes jamur, sup dan capcay.
Sentra produksi jamur merang di Indonesia terdapat di Dataran Tinggi Dieng. Di negara-negara Asia yang membudidayakannya, jamur merang dijual dalam bentuk segar. Di daerah beriklim sejuk hanya tersedia jamur merang kalengan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar